Anak Betawi yang Keliling Dunia Lewat Blog

Kate siape anak Betawi kagak bise maju? siape kate anak Betawi pade males dan banyak nyang jadi pengangguran? Bukan maksud nyombong atawe unjuk gigi, aye cuma ngasih tau kalo kagak semue anak Betawi kayak nyang ente kire...

Ini cuman persembahan kecil dari anak Betawi asal Tomang, Jembatan Gantung. Mudah-mudahan bise ngasih semangat sedikit ame semue orang, terutame anak betawi yang masih pade bingung idup mau ngapain? Nyok nyok nyoookk...

Sunday, July 11, 2010

ACT Road to Palestine; Jerman VS Spanyol, Inspirasi Misi Kemanusiaan (bag 2)

Tiba di Abu Dhabi Airport pukul 23.45 waktu setempat atau sekitar pukul 02.45 WIB, yang langsung menarik perhatian saya adalah sebuah televisi besar di ruang tunggu dalam airport, di depannya puluhan orang tengah asik menyaksikan pertandingan piala dunia 2010, Jerman versus spanyol. Saya tidak tahu persis sudah berlangsung berapa lama pertandingan itu, tapi setahu saya sudah di menit-menit terakhir. dan seingat saya juga, kedudukan masih nol-nol bagi kedua kesebelasan.

Gumam saya, "ini baru nonbar -nonton bareng- piala dunia yang sebenarnya", bukan cuma soal jumlahnya yang lumayan banyak, namun penontonnya dari berbagai ras dan bangsa. Ada yang khas timur tengah dengan gamis dan kafiyahnya, ada yang bule-bule entah dari negara mana mereka, ada pula yang dari ras kuning, juga afrika.

Entah kenapa, yang saya perhatikan nyaris semua penonton mendukung tim spanyol, itu terlihat dari teriakan-teriakan mereka ketika pemain-pemain spanyol melakukan serangan, dan sebaliknya mereka kompak teriak "no no no..." saat pemain jerman yang balik menyerang. Mungkin tidak semua mendukung spanyol, mungkin saja pendukung jerman lebih memilih diam. dan ketika Puyol menyarangkan gol ke gawang jerman, serentak mereka lompat dan teriak gembira bersama-sama.

Sungguh, saya tidak ingin membahas lebih jauh soal sepak bola dan hiruk pikuk piala dunia. hanya saja, pemandangan di airport ini memberi saya inspirasi soal misi kemanusiaan. Bukankah Mavi Marmara juga dihuni oleh ratusan orang dari berbagai negara? ya, persoalan kemanusiaan adalah persoalan bersama. Perlu didukung bersama, tidak peduli apa agamanya, dari mana asalnya, apa warna kulitnya. Yang penting, ketika kezaliman terjadi, kejahatan kemanusiaan berlangsung, harus dilawan bersama.

Misi ACT ke Palestina adalah misi kemanusiaan yang oleh karena itu, perlu didukung bersama. Aliansi bersama Masyarakat Indonesia untuk Palestina sudah digagas, tinggal kita perlu beri dukungan lebih maksimal. Israel melakukan kejahatan kemanusiaan, dan sudah saatnya kita bersama-sama mendukung mereka yang dizalimi.

Ah, semoga apapun yang ada di sekitar kita selalu bisa memberi inspirasi kebaikan, termasuk piala dunia 2010. (gaw, dari abu dhabi)

No comments: