Anak Betawi yang Keliling Dunia Lewat Blog

Kate siape anak Betawi kagak bise maju? siape kate anak Betawi pade males dan banyak nyang jadi pengangguran? Bukan maksud nyombong atawe unjuk gigi, aye cuma ngasih tau kalo kagak semue anak Betawi kayak nyang ente kire...

Ini cuman persembahan kecil dari anak Betawi asal Tomang, Jembatan Gantung. Mudah-mudahan bise ngasih semangat sedikit ame semue orang, terutame anak betawi yang masih pade bingung idup mau ngapain? Nyok nyok nyoookk...

Wednesday, June 01, 2005

Iqna, Tiga Tahun Tanpa Tanda Seru

Image hosted by Photobucket.com

Semalam saya bertahan menahan kantuk hanya untuk menunggu detik pertama di tanggal 1 Juni 2005. Dan, persis pukul 00.01 saya mencium pipi anak kedua saya, Iqna Haya Adzakya, yang hari ini genap berusia tiga tahun. "Selamat ulang tahun bidadari kecilku," lirih suara saya melihat wajah polosnya. Tak terasa ada bening air yang meleleh dan kuusap dengan rambut anakku.

Iqna, adik Hufha yang awal kehadirannya tidak terdeteksi dan tidak diperkirakan. Bayangkan, isteri saya baru sadar kalau ia hamil lagi justru saat usia kandungannya sudah masuk bulan ketiga. Walhasil, kagetlah kami, berhubung usia Hufha saat itu baru beberapa bulan saja. Ah, dia masih terlalu kecil untuk punya adik, pikir saya.

Tapi, apapun, inilah amanah Allah yang mesti saya sambut dengan penuh cinta. Dan, 1 Juni 2002 hadirlah ke dunia seorang bidadari kecil yang akan menambah semaraknya keluarga cinta kami. Kemudian ia kami beri nama, Iqna Haya Adzakya, yang artinya kurang lebih, "yang merasa cukup apa adanya, menjaga rasa malunya, lagi cerdas"

Ada yang menarik dari proses kelahiran Inonk, panggilan sayang saya kepada Iqna. Saat terjadi kontraksi, saya masih berada di kantor di Jakarta, sementara saat itu kami masih tinggal di Bogor. Begitu mendapat telepon bahwa isteri saya mengalami kontraksi, saya langsung ngacir menuju Bogor. Dada ini terus berdegup sepanjang perjalanan berharap masih bisa menyaksikan dan menemani proses persalinan. Karena waktu Hufha lahir pun, saya mendampingi isteri tanpa berkedip. Dan itu, ternyata memberikan energi yang luar biasa bagi isteri saya menghadapi masa-masa persalinan.

Sampai di Bogor, isteri sudah pergi ke dokter tempat biasa memeriksakan kandungan. Saya pun bergegas mengejarnya, bersyukur saya mendapatkannya masih terbaring sambil meringis menahan sakit. Satu jam menunggu dokter ternyata belum juga datang dari Rumah Sakit tempatnya praktek. Akhirnya saya melarikan isteri saya ke bidan tak jauh dari situ. Nahas, sampai di tempat praktek sebelum turun dari mobil isteri saya berteriak lirih, "tahan sebentar, rasanya mau keluar nih..." Oohh, tambah panik lah saya.

Saya bopong isteri saya -aneh, entah tenaga dari mana- menuju tempat persalinan. Nahasnya lagi, sang bidan pun tidak ada di tempat. Saya pun lemas, padahal si bayi sudah mau keluar. Dan benar saja, tiga menit kemudian saya pun berubah profesi menjadi bidan. Saya lah bidan itu, saya yang membantu isteri menjalani proses persalinan, saya yang menarik si bayi dari rahim ibunya... hingga bidadari cantik itu hadir dan mata kami pun saling menatap. Tak percaya, tapi ini benar-benar terjadi dan saya takkan pernah bisa melupakan peristiwa bersejarah ini. Takut, haru, waswas, cemas, seru, merinding dan sejuta perasaan berkecamuk saat itu.

Tidak kurang dari dua menit setelah bayi keluar, bidan yang ditunggu pun hadir. Ia hanya meneruskan tugas selanjutnya, memotong tali pusar si bayi. Subhanallah, saya bersyukur bisa melakukan ini. Sungguh, ini peristiwa seru yang tidak pernah ingin saya ulangi...

Hari ini, tiga tahun usianya, tidak ada hal seru yang akan terjadi pada Iqna. Seperti ultah kakaknya Maret lalu, kami memang tidak akan pernah merayakan ulang tahun untuk anak-anak. Sekadar hadiah ulang tahun, itu pasti. Tapi tetap tanpa hingat bingar nyanyian ultah, tanpa tiup lilin, balon dan pita. Doa, itu lebih dari segalanya.

Selamat ulang tahun Iqna, jadilah bidadari cantik Abi dan Ummi.

Bayu Gawtama dan Ida Aryani

3 comments:

Anonymous said...

Benar mas, istri akan mendapatkan energi tambahan bila suami berada di sisinya sewaktu harus melakukan kontraksi, terutama bukaan2 terakhir. Saya juga sempat menemani kelahiran anak pertama seperti itu. Cuma membantu menarik si bayi seperti mas Bayu, wah masih belum berani euy. Salut deh sama antum :)
Herman-S'pore

Anonymous said...

Selamat,atas ultahnya anakmu,dan artikelmu juga bagus2, aku selalu baca

rieska oktavia said...

assalamu alaikum
barakallah dek Iqna sun jauh dari Tokyo. smoga makin shalihat disayang Allah dan smoga menjadi seperti namanya.
kok si adek kembaran sama mama saya, ya? kembaran beda 45 tahun, subhanallah...