Anak Betawi yang Keliling Dunia Lewat Blog

Kate siape anak Betawi kagak bise maju? siape kate anak Betawi pade males dan banyak nyang jadi pengangguran? Bukan maksud nyombong atawe unjuk gigi, aye cuma ngasih tau kalo kagak semue anak Betawi kayak nyang ente kire...

Ini cuman persembahan kecil dari anak Betawi asal Tomang, Jembatan Gantung. Mudah-mudahan bise ngasih semangat sedikit ame semue orang, terutame anak betawi yang masih pade bingung idup mau ngapain? Nyok nyok nyoookk...

Tuesday, June 14, 2005

Rara, Si Gadis Tomboy: "Jangan Bilang Aku Cantik" (6)

nyambung lagiihhh...

III. Perseteruan Itu pun Dimulai

Kantin sekolah, meja tempat Bu Omon menjual mie goreng, lontong sayur dan non sayur alias lontong isi. Pagi sebelum bel masuk kelas berbunyi. Trio H, Hilda, Husna dan Helen tengah menikmati hangatnya lontong pakai sambel kacang.

Bu Omon ini suaminya Pak Omon, lontong isinya terkenal T.O.B alias top okeh banged, nggak ada duanya. Nggak ada tandingannya, karena memang Bu Omon yang superberat dengan ukuran body yang extra-large itu melarang siapa pun untuk menjual jenis dagangan yang sama di kantin.

Pernah ada yang coba-coba jual lontong isi. Mbak Iting, dipanggil begitu karena rambutnya keriting, digeprak abis-abisan oleh Bu Omon. Lontongnya yang cuma delapan bungkus itu dilempar ke segala penjuru, timur, tenggara, selatan, barat daya, barat, barat laut, utara, timur laut.

“Eh, liat tuh ketua kelas baru lewat. Sombongnya dia, baru jabatan ulet bulu aja…” Helen meminta perhatian dua temannya yang masih asik menggumpal lontong di mulutnya.

“Iya, sampe kiamat pun gue gak setuju, nggak redo, nggak ikhlas, dan nggak bakalan dukung dia mimpin kelas kita,” timpal Husna.

“Laah, lamma aammaat… emangnya elo main sampe kiamat di sekolah ini?” potong Helen.

“Ah elo, telmi amat sih jadi orang. Makanya jangan banyakan makan bakwan… minyaknya bikin otak elo beku tuh” Husna lagi.

“Harusnya kan Dimas yang jadi ketua kelas. Dimas paling ideal deh di mata gue…” giliran Hilda.

Husna dan Helen mengubah posisi duduknya,

“Sumpe loh da?” tanya mereka berbarengan

“Asal lo tau aja ya, gue tuh naksir berat ama Dimas. Dia tuh cowok ideal dan tipe cowok yang gue impikan selama ini,” jujur Hilda.

“cie ileeeh… sejak kapan elo udah mulai pinter ngimpi? Guwe denger dari nyokap elo, elo baru berenti ngisep jari pas mau masuk SMP…” ledek Husna.

“yee, elo pasti salah tanya. Yang elo tanya itu bukan nyokap guwe, tapi babysitter guwe tauuk” sanggah Hilda merasa terpojok.

“Nah, apalagi babysitter, dia kan lebih tau elo luar dalem… ha ha ha…” Husna dan Helen terbahak.

“udah, udah, udah… emang reseh lo pade berdua…” Hilda mulai kesal.

Melihat Hilda mulai kesal, dua temannya makin merasa mendapat angin untuk membuat Hilda semakin panas.

“Wah, kalo gitu elo mesti siap-siap nangis donk…” ledek Helen.

“Nangis…” mata Hilda menyureng tajam ke arah dua cs-nya itu.

“Iya da, elo tau kan kalo Dimas tuh diangkat jadi wakil ketua kelas. So pasti doi akan sering-sering berduaan dan jalan terus tuh sama Rara… dan elo… tinggal gigit jari deh…” tambah Husna memanasi.

“Wah, wah, wah… ini nggak bisa didiemin nih. Guwe mesti bertindak cepat… bisa-bisa si Dimas dibabat ketua kelas baru itu…” Hilda mulai gemas.

“Dibabat??? tanya Husna heran. “Kayaknya Rara nggak sekejam itu deh, lagi pula emang Dimas enak dibikin soto babat?”

“Ya ampuuuunnnn Husnaaaaaaaa…, elo tu yee, dari kelas atu ampe sekarang telmi-nya nggak ilang-ilang. Pliss deh, kalo masih mau jadi temen guwe jangan sampe elo telmi di depan guwe lagi”

“Jadi… kalo di belakang elo boleh?”

“Oh God… no comment deh guwe. Telmi elo tuh emang udah ke ubun-ubun” Hilda nggak tahu mau ngomong apa lagi.

“ub…” belum sempat Husna ngomong.

“stop, stop, stooopp… jangan ngomong lagi. Makin pusing guwe ama elo” potong Hilda.

Husna terdiam. Dia memang menyadari kapasitas memorinya masih terbatas. Ibarat komputer dia tuh masih Pentium atu, sementara orang-orang udah Pentium empat atau bahkan di atasnya. So, emang perlu di-upgrade lagi.

Tiga sekawan itu merencanakan sesuatu. Satu yang pasti mereka mencoba menjauhkan Dimas dari Rara. Apa pun caranya.

***

“Eh, Rara. Jangan sok cakep lo yee. Ada niat apa elo jadiin Dimas wakil elo… elo ada maunya ya sama cowok guwe?”

Suasana ruang kelas jadi ribut persis setelah Bu Santi, guru bahasa Indonesia meninggalkan kelas. Hilda yang sudah panas sejak pagi tadi langsung menghampiri Rara.

“Sok caakep? Buat apa guwe sok cakep, kalo emang dari sononya guwe udah cakep…. Lagian baru denger guwe kalo Dimas itu cowok elo… nggak ada tuh di papan pengumuman sekolah, di mading juga nggak ada… trus apa buktinya kalo Dimas itu suka ama elo… ha?… ha?…”

“Liat aja lo ra, kalo sampe elo deket-deket Dimas… guwe bakal bikin perhitungan ama elo…” ancam Hilda.

Husna yang ada di samping temannya itu, “da, elo kan nggak jago matematika… kok elo berani sih nantangi Rara adu ngitung-ngitungan?”

Hilda langsung melotot ke Husna, dan…

“get ouuuuuuuuuuuttt from me Husnaaaaaaaaaaaaaaaaaa…” telunjuknya mengarah ke pintu.

“eh, he eh… ngomong-ngomong, get out itu apa ya?” tanya Husna lagi.

“hhhhh… “ Hilda cuma bisa menghela nafas. Entah dosa apa yang pernah dibuatnya sehingga ia dikutuk mendapat teman sejenis Husna.


IV. Tante Dien

Bel pulang sekolah. Secepat kilat Rara menyambar tas dari kursinya. Semua isi buku dan perangkat perangnya sudah ia bereskan setengah jam sebelum bel berbunyi. Padahal Bu Zamurah masih was wes wos dengan pelajaran bahasa inggrisnya.

tunggu kelanjutannya ya...

3 comments:

putri said...

di tunggu kelanjutannya yaa pak....*jd inget jaman sma*

Anonymous said...

ke mana nih si Rara? Kagak nongol2?

Anonymous said...

mimin