Anak Betawi yang Keliling Dunia Lewat Blog

Kate siape anak Betawi kagak bise maju? siape kate anak Betawi pade males dan banyak nyang jadi pengangguran? Bukan maksud nyombong atawe unjuk gigi, aye cuma ngasih tau kalo kagak semue anak Betawi kayak nyang ente kire...

Ini cuman persembahan kecil dari anak Betawi asal Tomang, Jembatan Gantung. Mudah-mudahan bise ngasih semangat sedikit ame semue orang, terutame anak betawi yang masih pade bingung idup mau ngapain? Nyok nyok nyoookk...

Tuesday, June 14, 2005

Elegi Si Pencari Rezeki

Ramadhan hari ke tujuh, lima menit lagi waktu maghrib tiba dan saya masih saja menikmati berkeliling di toko buku sebuah mall besar di Jakarta. Ketika maghrib benar-benar berkumandang dari pengeras suara toko buku tersebut saya baru sibuk mencari penganan berbuka. Setelah mencari beberapa saat, mata saya tertuju kepada sebuah franchise bakmi tak jauh dari toko buku dan saya pun mengalamatkan kaki saya ke arah tersebut.

"Mie satu, juice jeruknya satu," pelayan itu pun mencatat pesanan saya. "Eh mbak, sambil nunggu pesanan saya jadi, boleh saya minta segelas air putih untuk membatalkan puasa saya?" pinta saya secara halus. Tiba-tiba, dengan seulas senyum tapi sambil takut-takut pelayan itu berbisik, "mas muslim? lebih baik batalkan saja pesanan mie-nya. Ini tidak halal buat muslim. Soal air putih segera saya bawakan, gratis untuk yang berpuasa".

Kejadian itu begitu membekas hingga saat ini, padahal saat itu saya masih kuliah di tingkat dua. Saya sangat bersyukur betapa ada orang yang peduli terhadap kehalalan setiap zat yang kan menjadi darah dan daging saya. Bagaimana jika pelayan baik hati itu tak jujur dan membiarkan saya melahap mie itu, maka darah saya akan teraliri zat yang tidak halal dan betapa menyesallah saya kemudian.

Hingga kini saya pun terus berpikir, kalau lah ada orang yang begitu peduli akan kehalalan makanan yang saya masukkan ke dalam tubuh saya, sudahkah saya juga teramat peduli pada diri saya sendiri? bukan soal zat makanannya, karena untuk yang satu ini saya sudah berusaha untuk hati-hati. Tapi lebih kepada sumber penghasilan untuk membeli makanannya, apakah pekerjaan saya ini bersih? apakah uang saya saya dapatkan juga bersih? bisa jadi zat yang saya makan memang halal, tapi bagaimana jika uang untuk membelinya yang tidak halal?

Saat ini, setelah berkeluarga dan punya anak. Tentu saya tak hanya mengkhawatirkan asupan dan sumber penghasilan saya untuk diri saya sendiri, tapi jika uang yang saya hasilkan tidak bersih, juga makanan yang saya belanjakan untuk keluarga saya tidak halal, bagaimana jadinya keluarga saya jika terus menerus disuapi ketidakhalalan? Tentu saja saya sebagai kepala keluarga yang paling bertanggungjawab karena saya lah sang pencari rezeki.

Mencari rezeki, tidak sekadar dapat. Jikalah sudah dapat, saya masih harus benar-benar yakin sumbernya bersih, agar yang saya dan keluarga saya makan juga bersih. Agar kelak tubuh saya tak terlalu lama dicuci di api neraka karena sedemikian tak terhingganya zat haram terasupi dalam tubuh ini.

Jikalah masih ada yang peduli dengan kehalalan zat yang kan menjadi darah dan daging saya, sudahkah saya peduli terhadap diri sendiri?

Bayu Gawtama

2 comments:

Anonymous said...

Selain selalu berhati-hati dgn kehalalan segala sesuatu yg kita makan, juga penting mohon perlindungan kepada-Nya agar qta dijauhkan dari hal2 yg haram. Waktu jd purchasing staff di tempat kerja yg dulu, saya pernah kehilangan uang kantor dlm jml yg cukup besar, yg akhirnya hrs saya ganti. Tp kehilangan itu justru kemudian sangaat saya syukuri, dan semoga membersihkan diri saya dari hal2 yg tdk halal yg tanpa sadari masuk ke dlm diri saya. Allahu'alam

MCeS Toekang Pulsa said...

Francise nya namanya apa? biar yg lain jg bisa lebih berhati2. kalau tidak bs ditulis di blog tolong diemail yah. terimaksaih sebelumnya.