Anak Betawi yang Keliling Dunia Lewat Blog

Kate siape anak Betawi kagak bise maju? siape kate anak Betawi pade males dan banyak nyang jadi pengangguran? Bukan maksud nyombong atawe unjuk gigi, aye cuma ngasih tau kalo kagak semue anak Betawi kayak nyang ente kire...

Ini cuman persembahan kecil dari anak Betawi asal Tomang, Jembatan Gantung. Mudah-mudahan bise ngasih semangat sedikit ame semue orang, terutame anak betawi yang masih pade bingung idup mau ngapain? Nyok nyok nyoookk...

Wednesday, July 05, 2006

Tiga Kali Sudah...

Berat... ini yang saya rasakan ketika harus mengabarkan kepada dua putri saya bahwa adik bayi yang dinantinya tak jadi lantaran isteri saya keguguran. Jum'at lalu (30/6), saya masih di Jogjakarta ketika isteri tiba-tiba telepon memberi kabar bahwa kehamilannya yang sudah masuk bulan ke empat sedikit bermasalah. Saya yang sudah terbiasa menghadapi keadaan seperti ini -lantaran saya tahu persis bahwa isteri saya lumayan tangguh- hanya berkomentar singkat, "Periksa ke dokter, besok Abi pulang".

Sabtu siang tiba di rumah, yang ditanya langsung kabar si jabang bayi di perut isteri. Nyatanya, saya harus mengantar lagi ke dokter sore itu dan memeriksakan kembali. Kali ini dengan bantuan alat ultrasonografi (USG). Menurut dokter yang memeriksanya, ada kelainan dengan perkembangan janin dan kemungkinan malah si janin tidak berkembang. Kami pun diminta esok pagi kembali lagi.

Minggu pagi, sekitar jam sembilan ketika kembali ke klinik keadaannya sudah tidak mungkin dipertahankan. Sehingga pagi itu pula janin harus dikeluarkan karena ternyata memang sudah 'mati' dan tidak berkembang. Dan ini yang ketiga kalinya dalam dua tahun terakhir. Yang lebih mengagetkan ketiga dokter menyatakan kemungkinan isteri terkena tokso. Duh, benarkah?

Akhirnya, kehamilan pun harus tertunda minimal enam bulan setelah keguguran yang ketiga kali ini. Yang paling memberatkan adalah menjawab pertanyaan Hufha (5) dan Iqna (4), yang keburu senang dengan mimpi punya adik bayi. "Dede-nya mana bi? katanya dikeluarin?"

Lembut suara isteri menerangkan, "punya dede-nya nanti aja ya?" jawab si kecil, "Aaah, Ummi bohong, kemarin bilangnya dede bayinya mau dikeluarin. kok sekarang nggak ada"

Terpaksa kami memperlihatkan janin berusia empat bulan sebelum dibawa pulang untuk dikuburkan dan menunjukkan kepada keduanya bahwa inilah adik mereka. Mereka pun mengerti, tapi dengan satu permintaan, "Nanti minta dede lagi ya, tapi nggak mau yang kayak gini," sambil menunjuk janin tersebut. (gaw)

7 comments:

Lita said...

Inna lillaahi wa inna ilayhi raaji'uun. Semoga diberi 'ganti' yang lebih baik.

Untuk konfirmasi tokso/bukan, bisa diperiksakan langsung dengan tes di laboratorium, kan?

Kalau tidak salah harus diterapi dulu sebelum 'aman' untuk hamil lagi. Jika tidak, kemungkinan besar akan berulang: keguguran atau janin yang tidak sempurna perkembangannya.

hanum said...

Innalillahi wa innalillahi rooji'un...Semoga pak Gaw sekeluarga tabah dan digantikan dengan jundi yg lebih sehat ya.

*Masukan aja nih pak..untuk comment, alngkah akan lebih praktis bila diset Pop Up Window saja. Jd pembaca tidak musti 'kehilangan' halaman utama saat mengisi comment. Utk referensi bs tengok http://azayaka2004.blogspot.com/2006/06/pop-up-comment.html

aguSHery said...

innalillahi...
turut berduka...

tapi semoga benar akan digantikan dengan yang lebih baik.seperti kakak saya dulu yang kini sudah memiliki putri yang cerdas dan lucu.

semoga selalu dalam naungan ilahi.
amin....

Ps . setuju dengan pesen bu hanum....:)

Ida Latifa Hanum said...

Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Yang sabar ya kakak, Allah pasti akan menggantikan dengan adek yang lebih lucu. Doain umminya ya biar cepet sehat lagi...trus bisa kasih adek lagi deh :)

Taufik NH said...

Innalillahi wa Innailaihi Rojiun ..

Yang sabar ya mas ... insyaAllah nanti dapet gantinya kok.

Anak saya yang pertama, juga kena toxo, meninggal dengan usia 1 bln pas. kelainan saat itu otak kecil sebagai pengatur keseimbangan tubuh tidak terbentuk. Saat yang bersamaan dengan kehamilan istriku, kalo tidak salah ada 4 orang teman kantor istriku juga yang kena toxo dan keguguran. Saat itu istriku masih kerja di daerah kuningan Jkt. Oh ya Setelah kejadian itu istriku terapi ke dokter kurang lebih selama 1 thn harus istirahat lom boleh hamil. Alhamdulillah setelah itu lahir adik2nya sehat semua. Sedikit sumbang saran, usahakan saat hamil jangan berinteraksi dengan kucing ataupun hewan piaraan lainnya. jangan pernah makan sayur mentah ataupun daging yang belum bener2 mateng. Kudu bener2 di jaga mas ..

3 hari yang lalu saya juga nyari buku berhenti sejenak, akhirnya dapet juga. tunggu buku berikutnya nih. Oh ya, ada masukan untuk buku yang pertama covernya kurang eye catching jadi susah nyarinya .. :)

salam buat keluarga mas ...

Wassalam,
o_p_i_c_k@yahoo.com

Nico Wijaya said...

Innalillahi wa innailaihi rooji'un..semoga Allah SWT menggantikan dengan yang lebih baik.amin. ttp bersabar dan ttp membantu sesama ya mas...

nb: masih kepundong lg ga?

Anonymous said...

Excellent, love it! Travel insurance holiday Texas lotto numbers for 82f072f04