Anak Betawi yang Keliling Dunia Lewat Blog

Kate siape anak Betawi kagak bise maju? siape kate anak Betawi pade males dan banyak nyang jadi pengangguran? Bukan maksud nyombong atawe unjuk gigi, aye cuma ngasih tau kalo kagak semue anak Betawi kayak nyang ente kire...

Ini cuman persembahan kecil dari anak Betawi asal Tomang, Jembatan Gantung. Mudah-mudahan bise ngasih semangat sedikit ame semue orang, terutame anak betawi yang masih pade bingung idup mau ngapain? Nyok nyok nyoookk...

Monday, July 16, 2007

Taufik Savalas and Me!

Jujur, saya nggak kuat nulisnya. Saya sudah nangis duluan, terserah orang mau bilang saya cengeng, nggak peduli.

Tapi Bang Taufik itu, ya Allah, Engkau memanggil sahabat saya itu dengan cara yang .... saya nggak saya nggak sanggup menuliskannya. Tragis, menyeramkan, tapi bagaimana pun, itu hak prerogatif Allah yang Maha Menentukan dengan cara apa setiap makhluk menghadap-Nya.

Saya cukup mengenal sosok Bang Taufik. Awal perkenalan ketika saya meminta kesediaan beliau dan keluarga menjadi cover untuk majalah yang saya buat. Ternyata beliau bersedia. Itu kira-kira tahun 2004 akhir.

Waktu yang ditentukan pun tiba, Bang Taufik dan Teh Rina serta dua anaknya yang masih imut-imut datang ke studio untuk sessi pengambilan gambar. Wardrobe yang dipakai disediakan oleh "Rumah Klambi" sebuah butik milik sahabat saya, Dewi Ma'rifat Ba'aman. Ternyata, baju-baju rancangan Dee (dewi), dipakai juga oleh Teh Inneke, Dewi Hughes, dll.

Dan yang mengagumkan, dia nggak mau dibayar untuk sessi foto itu. "bayaran saya diinfakkan saja ya, itu pun kalau ada bayarannya". Duh, kata-kata itu seketika teringat lagi.

Setelah sessi pemotretan itu, saya pun bikin janji untuk wawancara. Ini agak terbalik memang, biasanya wawancara dulu, baru foto. Tapi karena beliau bisanya begitu, ya mau nggak mau diikutin saja.

Akhirnya, saya dan rekan berkesempatan menyambangi rumah Bang Taufik di Villa Ilhami, Tangerang. Bang Taufik itu ramah, cerdas, kocak pasti, dan sangat religius. Di rumah beliau itu, saya baru tahu kalau Bang taufik punya puluhan anak asuh di Serang.

Beliau sangat dekat dengan anak-anaknya. Saya masih simpan majalah yang memuat Bang taufik dan keluarga sebagai covernya. Waktu wawancara, berkali-kali Bang taufik dengan sabar meladeni beragam permintaan anaknya. "begini nih caranya jadi bapak yang baik" katanya. duh, terima kasih bang atas pelajarannya.

Di lingkungan tempat tinggalnya, Bang Taufik juga dikenal gaul dan tidak sombong. Sebuah pribadi yang menyenangkan untuk dijadikan teman. Beliau senang ngobrol, tidak pandang siapa pun. Bang Taufik pernah bilang, "Orang gila sekali pun kalau ngomongnya bener guwe dengerin", he he, emang kedengaran seperti bercanda saat itu. Tapi saat ini, saya benar-benar kehilangan kalimat itu bang, sungguh...

Hari-hari selanjutnya, saya masih sering kontak beliau. SMS saya selalu dijawab, dia kalau lama nggak jawab SMS, pasti minta maaf begitu ada waktu balas SMS lagi. "Maaf ya, kemarin lagi sibuk banget... ye sok seleb nih guwe..." (abang bukan cuma selebritis buat saya, abang itu teladan yang baik)

Jujur, saya termasuk yang nggak percaya waktu rabu pagi kemarin dengar berita soal kecelakaan itu. Tapi itu benar.... itu benar bang Taufik. Sudah hampir satu tahun saya nggak pernah kontak beliau lagi... saya menyesal lama tidak menyapanya. Dan sekarang, itu semua sudah terlambat... maafkan saya bang, saya memang bukan siapa-siapa buat Abang, tapi mungkin saja Abang sempat bertanya-tanya kenapa saya tidak menghubungi Abang lagi. Sungguh bang, saya nggak mutusin silaturahmi kok...

Ya Allah, hamba-Mu ini benar-benar kehilangan sosok Abang yang baik. Jaga dia untukku ya Allah...

Gaw,
yang kehilangan abangnya... selamat jalan Bang Taufik

2 comments:

IRA LATHIEF said...

Saya ikut berduka atas kepergian guru dan inspirator bang Gaw. Bahkan di dunia blog aja byk yg menulir in memoriam ttg almarhum. Lepas dari cara kepergiannya, saya yakin Mas Taufik sangat bahagia di dunia barunya krn dia punya byk org yg mencintainya selama hidup...

N¡ñgRåÇhmåñ said...

Sama mas bayu....
saya juga melihat sosok Taufik Savalas sbg orang yg salih.....
Insya Allah ia mendapat tempat mulia disisinya......

≈salam≈