Anak Betawi yang Keliling Dunia Lewat Blog

Kate siape anak Betawi kagak bise maju? siape kate anak Betawi pade males dan banyak nyang jadi pengangguran? Bukan maksud nyombong atawe unjuk gigi, aye cuma ngasih tau kalo kagak semue anak Betawi kayak nyang ente kire...

Ini cuman persembahan kecil dari anak Betawi asal Tomang, Jembatan Gantung. Mudah-mudahan bise ngasih semangat sedikit ame semue orang, terutame anak betawi yang masih pade bingung idup mau ngapain? Nyok nyok nyoookk...

Monday, June 04, 2007

Dua Siswi Diminta Lepas Jilbab oleh Gurunya

Entah sudah hitungan ke berapa kalinya kasus pelanggaran hak untuk menjalankan keyakinan agama terjadi di negeri ini. Kali ini menimpa dua siswi kakak beradik di sebuah sekolah di Ciputat, Tangerang, Banten. Keduanya bersekolah di sekolah yang sama, hanya berbeda kelas dan tingkatan.

Sejak masuk sekolah tersebut, dua siswi ini memang cukup mengundang perhatian dengan jilbab cantiknya. Dan sebenarnya, selama satu tahun terakhir hampir tidak ada masalah dengan pakaian penutup kepala dan dada yang kerap dikenakan keduanya. Hingga suatu hari, sang kakak mengadukan permintaan salah seorang gurunya kepada ibunya, “Guru minta teteh lepas jilbab…”

Mendengar kakaknya bicara seperti itu, sang adik pun tidak mau ketinggalan, “dede juga diminta buka jilbab”. Namun dua siswi kakak beradik itu dengan tegas mengatakan kepada guru mereka, “tidak mau…”

Keduanya teguh berpendirian untuk tetap mengenakan jilbab di sekolah apapun resikonya. Sebuah keteguhan yang patut mendapat dukungan dan perhatian serius. Namun ternyata, tidak hanya satu guru yang meminta kedua siswi tersebut melepas jilbabnya, bahkan beberapa guru pun ikut merayu keduanya. Tidak cukup berhasil merayu kedua siswi tersebut, seorang guru secara khusus mendatangi orang tua kedua siswi itu untuk meminta pengertian.

“Saya kira ibu bisa lebih bijak memahaminya, bujuklah putri-putri ibu untuk melepas jilbabnya. Ini semata demi kepentingan sekolah, bukan kepentingan kami para guru…” rajuk sang guru.

Tak disangka, orangtua kedua gadis itu pun mengatakan, “Nanti saya bicarakan dengan kedua putri saya, saya kira mereka akan mengerti penjelasan saya”. Guru-guru pun tersenyum puas mendengar pernyataan orang tua kedua siswi itu yang berjanji akan ikut merayu anaknya melepas jilbab.

Akankah kedua siswi itu melepas jilbabnya dengan menuruti ucapan ibunya? Atau mereka akan bertahan dengan keyakinannnya itu?

***

Serius amat siihh…. Dua siswi itu bernama Hufha Alifatul Azka (6 tahun) dan Iqna Haya Adzakya (5 tahun), yang diminta untuk melepas jilbab saat pentas tari di acara perpisahan Taman Kanak-Kanak (TK) Ruhama, Ciputat, pada tanggal 9 Juni 2007. (Gaw)

4 comments:

Iman said...

Semoga si kedua anak yg lucu dan cantik dapat mempertahankan pendapatnya dan sang guru dapat memahami makna pakaian muslimah meskipun untuk tugas menari sekalipun, karena pakaian menari dapat disesuaikan dengan pakaian muslimah tanpa harus membuka jilbab.

Salam utk ma Bayu, kantor kami sudah pindah lagi dari landmark ke menara kuningan.

satria said...

bismillahirohmanirrohiim.

assalamu'alaikum.
'Entah sudah hitungan ke berapa kalinya kasus pelanggaran hak untuk menjalankan keyakinan agama terjadi di negeri ini. Kali ini menimpa dua siswi kakak beradik di sebuah sekolah di Ciputat, Tangerang, Banten. Keduanya bersekolah di sekolah yang sama, hanya berbeda kelas dan tingkatan.'

Benar... hak mereka memang dirampas, lebih sedih lagi oleh orang2 (ter)dekat mereka.

jika dilihat lagi, sebenarnya tidak sesederhana itu...

kayaknya bukan tidak salah jika suatu hal yg tidak dadurat bisa menjadikan menanggalkan aturan yg sudah diperintahkan-Nya.
maksudnya mendidik untuk tetap mempertahankan keyakinan memakai sesuatu yg sesui aturan-Nya meski dipaksa2 (kecuali darurat), ini juga suatu bentuk nilai yang harus ditanamkan.

Selain itu, dlm kejadian itu (pementasan tari)mengandung tasyabuh yang juga dilarang dalam agama.

itu 2 poin yg saya coba lihat
Wallohu Ta'ala A'lambisawaab.

moga saya juga bisa slalu belajar, mengambil faidah2 (ilmu Din).

Assalamu'alaikum.

Ida Latifa Hanum said...

Hari ini kita belajar dari Hufha dan Iqna

ybs said...

Lho umur 6 tahun memang belum wajib jilbab, jadi kalaupun harus dilepas ya gak masalah.. :D