Anak Betawi yang Keliling Dunia Lewat Blog

Kate siape anak Betawi kagak bise maju? siape kate anak Betawi pade males dan banyak nyang jadi pengangguran? Bukan maksud nyombong atawe unjuk gigi, aye cuma ngasih tau kalo kagak semue anak Betawi kayak nyang ente kire...

Ini cuman persembahan kecil dari anak Betawi asal Tomang, Jembatan Gantung. Mudah-mudahan bise ngasih semangat sedikit ame semue orang, terutame anak betawi yang masih pade bingung idup mau ngapain? Nyok nyok nyoookk...

Monday, June 12, 2006

Inneke pun Memasak di Tenda Pengungsi

Pernah melihat Inneke Koesherawati memasak? mungkin pernah atau bahkan sering. Tapi kalau memasaknya di dapur umum tenda pengungsian korban gempa Jogyakarta, ini tentu berbeda. Dalam kunjungannya selaku Duta Kemanusiaan ACT-Aksi Cepat Tanggap, Kamis (8/6), Inneke Koesherawati tiba-tiba mengambil alih posisi seorang tentara yang sedang menggoreng tahu. Cukup lihai tangan artis itu mengayunkan sodet besar di atas penggorengan besar. Tungku api besar, penggorengan besar dengan penuh minyak panasnya tak membuat ngeri pemain sinetron itu. "Saya sudah biasa masak lho di rumah," ujar Inneke.

Inneke yang datang ke lokasi pengungsi bersama tim ACT ditemani dua rekannya sesama artis, Astri Ivo dan Ozzy Syahputra. Ketiga artis tersebut nampak tak mampu menyembunyikan kesedihannya menyaksikan langsung kerusakan akibat gempa berkekuatan 5,6 SR yang terjadi pada Sabtu pagi (27/5). "Sungguh menyedihkan, saya tak kuasa dan berkali-kali menangis melihatnya, juga para pengungsi yang tinggal di tenda-tenda darurat," ujar Inneke.

Inneke, Astri dan Ozzy langsung berbaur dengan pengungsi di Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul. Pengungsi terlihat sangat terhibur dengan kehadiran ketiga artis tersebut, satu persatu mereka menyalami artis yang selama ini hanya bisa mereka saksikan di layar kaca. Tangan lembut Duta Kemanusiaan ACT itu pun tak canggung menyambut para pengungsi yang menyalaminya, dari anak-anak hingga orang tua. Bincang-bincang pun tak terelakkan, jelas sekali Inneke tengah menjalankan salah satu perannya sebagai Duta Kemanusiaan, yakni membantu meringankan penderitaan para korban gempa dengan menyediakan telinganya untuk mendengar berbagai keluhan. "Rumah kami hancur mbak, kami sudah tidak punya tempat tinggal," "Terima kasih mbak mau peduli terhadap nasib kami," "Duuh, mbak cantik gini kok mau ya datangi tenda pengungsi," "sering-sering ya mbak mampir ke sini," antara lain suara para pengungsi kepada Inneke.

Tak lupa, Inneke, Astri dan Ozzy memberi semangat kepada para relawan yang bekerja tak kenal lelah di lokasi pengungsian. Bahkan, ia tak segan-segan menggantikan seorang tentara untuk menggoreng tahu di penggorengan besar. Kedatangan Inneke, semoga menambah semangat para relawan itu. Selepas itu, Inneke menghampiri seorang ibu yang sedang mengulek bumbu dapur, dan tangan lembut itu pun beraksi. "Waaah, ternyata mbak Inneke bisa ngulek juga," ujar salah seorang relawan di dapur umum Kecamatan Pundong.

Sebelumnya, ketiga artis itu pun sempat mengunjungi lokasi pengungsian di Desa Kedaton Kidul, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Di lokasi tersebut, Inneke diajak berkeliling melihat proses pembangunan rumah tahan gempa yang sedang digarap ACTJogya Recovery (AJR). Inneke mengaku setuju dengan apa yang digagas ACT untuk membangun kembali rumah-rumah warga korban gempa secara cepat. "Mereka tak seharusnya berlama-lama tinggal di tenda, semoga banyak pihak akan mendukung program ini," tambah Inneke.

No comments: