Anak Betawi yang Keliling Dunia Lewat Blog

Kate siape anak Betawi kagak bise maju? siape kate anak Betawi pade males dan banyak nyang jadi pengangguran? Bukan maksud nyombong atawe unjuk gigi, aye cuma ngasih tau kalo kagak semue anak Betawi kayak nyang ente kire...

Ini cuman persembahan kecil dari anak Betawi asal Tomang, Jembatan Gantung. Mudah-mudahan bise ngasih semangat sedikit ame semue orang, terutame anak betawi yang masih pade bingung idup mau ngapain? Nyok nyok nyoookk...

Monday, October 18, 2004

Sabtu Sore Bersama Gola Gong

Anak-anak Tegal Gunding punya gawean, temu penulis bersama Gola Gong dan Azimah Rahayu. Sabtu sore itu, puasa hari kedua saya meluncur ke Tegal Gundil, Bogor demi dua hal; ingin ketemu (lagi) dengan Kang Gege (panggilan akrab Gola Gong) dan juga menghindari ancaman Lutfi (penguasa Tegal Gundil) bahwa kalau saya tidak datang, saya tidak akan diaku sebagai orang Bogor.

Kira-kira setengah empat sore, tiba di Masjid Arrahman, Tegal Gundil. Lihat-lihat pameran buku (lebih tepat sih bukan pameran, tapi gelaran, karena pesertanya dikit banget) Islam di pelataran masjid. Ketemu dengan beberapa wajah angker tapi mengagumkan milik penghuni Tegal Gundil alias Cs-nya Lutfi.

Setelah sholat ashar, dengerin Lutfi ama kang Gege siaran di Pro3 FM. Seger juga dengerin obrolan mereka berdua soal komunitas dan bagaimana mengelola juga mengembangkan perpustakaan. Tidak sedikit propartners (sebutan buat pendengar Pro3FM) yang menelepon dan bertanya banyak hal ke Kang Gege, juga Lutfi.

Sekitar jam empat sore, Lutfi dah nyampe ke Masjid Arrahman -tempat bakal diadain temu penulis- sementara Kang Gege masih dalam perjalanan dari Pro3. Bersama Lutfi, saya ke Perpustakaan Tegal Gundil yang letaknya di pinggir Jalan Bangbarung, Bogor, tidak jauh dari masjid Arrahman.

Uennnak tenan berada di Perpustakaan Tegal Gundil, bayangin aja, tempatnya rame, banyak orang lalu lalang, sebelah kanan ada tukang es buah, es kelapa muda, tukang buah. Sebelah kanana, ada tukang makanan aneka rupa segala ada. Wahh, asyik banget kan kalo buka puasa di situ.

Barengan saya nyampe di Perpustakaan, Kang Gege dan istri, Tias Tatanka, juga ketiga anaknya; Bela, Abi, dan Odi, diantar Fitri (P-tree) cewek Tegal Gundil yang paling aktif kampanyein gerakan membaca di Bogor. Kalau mau nemuin cewek ini gampang banget, datang aja hari minggu ke Taman Kencana sekitar jam 9-an. kalo liat ada yang gelar buku-buku bacaan dan dongeng untuk anak-anak, dia ada deh di situ.

Gak lama kemudian, dimulai deh acara temu penulis. Walau pesertanya bisa diitung pake jari tangan plus jari kaki (termasuk jempol nya loh...), namun acara tetap berlangsung meriah. Tapi yang paling meriah adalah .... waktu berbuka puasa!

Ada lontong (cek urang sunda mah, buras!), risoles, macem-macem kue, dan es buah. Kang Gege, langsung inisiatf penuh semangat membabat lontong plus risoles yang disiram sambel kacang. wahh, nikmat tuh keliatannya, langsung aja saya ikut serta mengikuti jejak Kang Gege.
Abis sholat maghrib, kirain mah acara selesai, ternyata anak-anak TeGe (Tegal Gundil) masih ngajak kita main ke sekretariatnya yang nggak jauh dari situ. Di sekretariat yang oke punya itu, kita ditawarin makan, (makan lagiii!!!), rasanya perut dah mau meledak nih. Tapi demi menghormati TeGe, dan juga menghormat hasrat hati, ya udah diembat aja lagih.

Sempet juga kita foto-foto bersama di Perpustakaan TeGe, juga di sekretariat. hmm, Sabtu sore yang mengagumkan.

Bayu Gautama



No comments: